Tanaman Okra untuk Jaga Kadar Gula Darah


Unic77.net - Banyak resep obat tradisional yang beredar dan secara empiris menawarkan khasiat yang mampu membersihkan ginjal. Salah satunya adalah tanaman okra.

Mungkin sebutan tanaman 'okra' terdengar asing bagi sebagian orang, namun sebenarnya tanaman okra ini sering kali kita temui dalam keseharian kita.

Tanaman okra atau lady finger, biasa dikenal di Indonesia dengan sebutan ochro, bhindi, oyong, gumbo, atau gambas. Tanaman ini biasa dimanfaatkan sebagai bahan makanan dan diolah untuk dikonsumsi sehari-hari sebagai sayur, atau oseng.

Siapa sangka, tumbuhan ini juga dapat mengatasi penyakit diabetes, asma hingga masalah kolesterol.

Dilansir dari Boldsky Selasa, 19 juli 2016, Okra memiliki kadar kalori yang sangat rendah. Anda dapat menambahkan okra sebagai sayuran ketika bersantap. Meskipun aman dikonsumsi mentah, namun okra lebih enak dikonsumsi matang karena tetap bermanfaat baik bagi kesehatan Anda.

Satu gelas okra mengandung 2 gram protein, 7 gram karbohidrat, 3 gram serat, 0.1 gram lemak, 30  kalori, 60 gram magnesium dan 21 gram vitamin C.

Jika kadar kolesterol Anda tinggi, atau Anda mengidap diabetes, mengonsumsi tumbuhan ini secara teratur berpotensi mengatasi penyakit tersebut. Begitupula bagi Anda yang menderita asma, okra dikenal baik untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Jika Anda ingin kadar gula darah tetap terjaga, potong-potong 6 batang okra. Rendam okra di dalam sebuah wadah tertutup selama satu malam.

Minum air rendaman tersebut saat Anda bangun keesokan hari sebelum Anda mengonsumsi makanan lain. Okra akan membuat kadar gula darah Anda tetap terjaga dan dapat meminimalisir rasa lapar berlebihan.

Tanaman Okra untuk Jaga Kadar Gula Darah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agriculture Jawatimur