Pesona Beningnya Pulau Sulamadaha, Ternate

Unic77.net - Untuk urusan pesona bumi, alam, dan pantai, menjelajahi Indonesia tidak akan ada habisnya. Anda akan terus dibuat kagum dan dikejutkan atas betapa kayanya negara kita ini dengan segala sumber daya alam yang terkandung di dalamnya. Salah satunya adalah Pesona Pulau Sulamadaha, Ternate. Silahkan buktikan saja dengan datang dan nikmati eksotisme Pantai Sulamadaha!.



Pantai Sulamadaha ini terletak di Desa Sulamadaha, Kecamatan Pulau Ternate, Provinsi Maluku Utara. Dengan air lautnya yang bening, Tak perlu bersusah payah Anda mampu melihat dasar laut dengan jelas. Bagi yang memiliki kegemaran snorkeling dan diving maka menelusuri Telaganita Point di area pantai ini akan menyuguhkan kesan tersendiri bagi pengalaman wisata bahari Anda. Kejerniahan air yang belum tercemar dan mempunyai beragam ikan serta terumbu karang yang sebagian merupakan spesies langka membuat Pantai Sulamadaha Ternate menjadi surga para penikmat aktivitas diving dan snorkeling.

Hamparan pasir dan deburan ombak yang dimiliki Pantai Sulamadaha Ternate serta pemandangannya yang cantik mungkin tidak ada duanya seperti pantai-pantai lainnya yang sudah pernah Anda kunjungi sebelumnya. Walaupun Pantai Sulamadaha tidak berpasir putih namun pantai ini memiliki pesona tersendiri dan merupakan objek wisata andalan yang dimiliki oleh Kota Ternate. Pada akhir pekan, Pantai Sulamadaha Ternate Maluku selalu ramai dikunjungi oleh para masyarakat baik dari masyarakat sekitar atau wisatawan daerah lain bahkan wisatawan asing. Pantai Sulamadaha Ternate berhadapan langsung dengan Pulau Hiri yang sangat asri dan sejuk. Bukan hanya bersebelahan dengan Pulau Hiri, di arah barat Pantai Sulamadaha juga terdapat Teluk Saomadaha yang berbentuk piramid dan berpasir putih yang memiliki nuansa alam yang indah.

Festival di Pulau Sulamadaha, Ternate
Jika beruntung, Anda bisa menjadi bagian dari Festival Teluk Jailolo yang diselenggarakan setahun sekali. Selain itu, ada juga Festival Legu Gam yang diselenggarakan oleh Kesultanan Ternate. Beberapa seni budaya khas Maluku Utara yang sudah cukup terkenal di antaranya adalah Tari Cakalele yang melibatkan setidaknya tiga puluh orang penari laki-laki dan perempuan.

Lokasi dan Cara Menuju Pantai Sulamadaha, Ternate


Wisata pantai Sulamadaha tempat wisata di ternate yang terkenal dengan pantai sebening kaca ini Terletak di Desa Sulamadaha Kecamatan Pulau ternate yang berjarak sekitar 14 km dari pusat kota Ternate. jika anda ingin mengunjungi tempat wisata ini dapat mempuh perjalanan menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. untuk sampai ke pantai Sulamadaha tersebut. Setelah sampai di tempat tujuan (parkiran), anda harus menempuh dengan jalan kaki, tapi tidak terlalu jauh hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk sampai di pantai ini.

Info Wisata Lain di Ternate yang Dapat Anda Kunjungi

Jika Anda adalah seorang penggemar batu akik, maka Anda perlu tahu bahwa batu mulia ini berasal dari daerah Maluku Utara. Sebenarnya nama Bacan bukan berasal dari nama daerah penghasil batu Bacan, yaitu Pulau Kasiruta. Asal mula nama Bacan sendiri diambil dari nama pulau tempat diperdagangkannya batu akik tersebut. Batu bacan merupakan batu perhiasan penting pada masa Kesultanan Bacan, Jailolo, Tidore dan Ternate. Batu akik bacan ini tak kurang memiliki sembilan jenis warna, di antaranya adalah warna cokelat, merah, putih bening, merah, dan putih susu kuning tua.

Di Ternate juga terdapat kawasan wisata yang berisi kumpulan batu-batu besar berwarna hitam. Kawasan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan karena menyajikan pemandangan yang unik. Semua batu hitam tersebut adalah hasil muntahan Gunung Gamalama pada 1673. Penduduk menyebutnya dengan kawasan Batu Angus. Wisata kuliner yang memikat bisa dinikmati pada malam hari dengan mengunjungi kawasan Tapak. Di sini, Anda bisa mencicipi Pisang Mulut Bebek, jenis pisang khas daerah ini. Uniknya, pisang ini dihidangkan dengan sambal tore, sambal khas Ternate yang dicampur dengan ikan asin sebagai pelengkap cocolannya.

Jika masih ada waktu, sempatkan pula untuk menikmati pesona Danau Tolire yang berada di bawah kaki Gunung Gamalama, gunung api tertinggi di Maluku Utara. Danau yang menyerupai loyang raksasa ini memiliki air tawar yang menjadi tempat tinggal berbagai macam ikan. Konon tersimpan harta karun peninggalan Kesultanan Ternate di dalamnya walau belum pernah ada pernyataan resmi dari instansi pemerintah terkait rumor harta karun tersebut.

Pesona Beningnya Pulau Sulamadaha, Ternate Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agriculture Jawatimur