Memanfaatkan Daun Pepermin untuk Mengatasi Berbagai Penyakit


Unic77.net - Pepermin, mungkin Anda tidak asing dengan kata ini, jenis tanaman yang satu ini memang sering muncul di dalam komposisi berbagai permen mint, pasta gigi, dan obat kumur. Tidak hanya untuk perasa permen dan pasta gigi, pepermin juga mempunyai manfaat dalam membantu mengatasi masalah gangguan pencernaan, batuk, sindrom iritasi usus, dan sakit kepala. Penelitian modern menyebutkan bahwa pepermin memiliki kandungan antibakteri dan antivirus.

Seperti jenis tanaman mint lainnya, pepermin juga memiliki sifat daun yang berbentuk gerigi di tepinya. Pepermin yang sering kita jumpai sekarang merupakan hasil persilangan antara watermint dan spearmint.

Di zaman dahulu, daun pepermin dimanfaatkan untuk meringankan penderitaan akibat batuk rejan dengan cara menumbuknya kemudian dioleskan ke dada penderita. Anda pun bisa memanfaatkan daun pepermin untuk mengatasi berbagai penyakit seperti berikut ini:

1. Mengatasi masalah pencernaan

Anda bisa menikmati secangkir teh panas rasa pepermin atau merebus daunnya dengan masakan Anda. Cara membuat teh pepermin adalah dengan cara memasukkan daun pepermin kering ke dalam air mendidih, kemudian diamkan selama 10 menit, saring dan nikmati. Hal ini dipercaya mampu mengatasi masalah pencernaan dengan efektif.

2. Meringankan sindrom iritasi usus

Mengonsumsi satu atau dua kapsul pepermin sebanyak dua sampai tiga kali sehari mampu meringankan sakit iritasi usus. Atau boleh juga diminum masing-massing sebanyak satu cangkir pada pagi dan sore hari.

3. Meredakan sakit kepala

Mengusapkan beberapa tetes minyak pepermin 10 persen yang telah dikombinasikan dengan 90 persen alkohol di sekitar pelipis. Aroma pepermin akan membuat kepala menjadi lebih rileks dan meredalam pening sekaligus membantu membuka serta menutup pembuluh darah dengan lebih baik. Penelitian pada tahun 1996 oleh para peneliti dari Christian-Albrechts University di Kiel, Jerman, telah membuktikan, bahwa pepermin bisa meredakan pening 15 menit setelah minyak dioleskan ke pelipis, juga menjauhkan sakit kepala selama satu jam (setelah mengaplikasikan minyak pepermin ke pelipis).

4. Meringankan batuk dan flu

Memium obat batuk dan flu yang mengandung pepermin sesuai anjuran dan mengonsumsi teh pepermin sebanyak dua sampai tiga kali sehari mampu meringankan sakit batuk dan flu. Pepermin dapat menstimulasi saraf di hidung dan saluran pernapasan atas sehingga menjadi lebih lega.

Namun perlu diperhatiakn, jangan melakukan terapi pepermin ini kepada bayi dan balita atau mengoleskan minyak pepermin ke wajah mereka karena bisa dikhawatirkan menyebabkan sulit bernapas.

5. Meringankan sakit perut

Selain mampu mengatasi sakit pada pencernaan, daun pepermin mengandung minyak esensial yang dapat meringankan sakit perut, terutama kandungan  mentol dan menthonenya.

Studi yang dilakukan oleh SmithKline Beecham pada tahun 1983 dan 1991 membuktikan, bahwa pepermin bisa membuat otot polos yang melapisi saluran pencernaan Anda menjadi rileks. Alhasil, kram perut pun mereda.

6. Mengatasi sindrom iritasi usus besar

Berdasarkan hasil sebuah studi tahun 2007 di Universitas Chieti dan Pescara di Italia, daun pepermin mampu membantu meringankan rasa sakit akibat sindrom iritasi usus besar (IBS). Penelitian tersebut melibatkan 57 relawan yang menderita IBS.

Penelitian itu menemukan, konsumsi kapsul minyak pepermin dua kali sehari masing-masing sebanyak dua kapsul, selama empat minggu, dapat menurunkan rasa tidak nyaman yang diakibatkan oleh IBS sebesar hingga 50 persen.

Itulah 6 manfaat daun pepermin yang berkhasiat dalam mengatasi berbagai macam penyakit mulai dari sakit perut, sakit kepala, batuk dan flu sampai sindrom iritasi usus besar.

Memanfaatkan Daun Pepermin untuk Mengatasi Berbagai Penyakit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tyas Minarsih