Manfaat Ekstrak Edamame sebagai Pemutih Kulit Tanpa Efek Samping

Unic77.net- Akhir-akhir ini tren online shop semakin menjamur dan diminati oleh banyak orang. Berbagai barang bisa didapatkan melalui online shop dengan mudah, termasuk kosmetik pemutih kulit. Di tengah meningkatnya peminat bisnis ini, masyarakat kususnya kaum hawa harus lebih berhati-hati dalam melakukan pembelian kosmetik. Kosmetik yang banyak beredar di masyarakat tidak sedikit yang mengandung zat kimia berbahaya seperti hidrokuinon, asam retinoat, dan merkuri pemakaian jangka panjang mampu memberikan efek samping yang berbahaya seperti kanker kulit dan kemerahan pada kulit. Hal inilah yang membuat Team Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Jember, Jawa Timur, mencoba menciptakan krim pemutih kulit dari ekstrak edamame atau kedelai Jepang.




Edamame masuk kategori sayur-sayuran (green soybeen vegetable). Edamame termasuk dalam spesies Glycine max dan kandungan utama yang terdapat dalam biji edamame adalah isoflavon. Isoflavon merupakan bahan dasar yang digunakan untuk pembuatan kosmetik pemutih kulit. Edamame ini diambil ekstraknya untuk dijadikan krim yang bermanfaat sebagai pemutih kulit. Selain itu,  Edamame sangat cocok bagi seorang vegetarian yang ingin mencegah terjadinya penuaan dinidiabetes mellitus, dan kanker. Kandungan kalsiumnya dapat membangun kepadatan tulang, isoflavon yang terdapat di dalamnya juga bisa mencegah kanker dan menunda menopause.

Menurut Liliana Anggaraini  salah satu dari empat mahasiswa Team PIMNAS, ekstrak kedelai edamame bisa digunakan untuk memutihkan kulit tanpa menimbulkan efek samping yang negatif sehingga sangat baik digunakan secara rutin.

Senada dengan Liliana, Elisa teman seperjuangannya dalam PIMNAS mengklaim krim pemutih dari edamame mampu mencerahkan kulit dengan pemakaian rutin dan prosesnya memang tidak secepat kosmetik merek terkenal yang memutihkan kulit dalam beberapa hari saja, tetapi efek sampinnya juga perlu diwaspadai. Penggunaan krim pemutih palsu atau pun kosmetik ilegal dalam jangka panjang justru yang didapat adalah bahaya yang mengintainya.

Sedangkan krim pemutih dari edamame, lanjut dia, akan membuat kulit putih cerah merona dan tidak akan berdampak buruk karena mengandung ekstrak edamame yang jelas merupakan produk alami sehingga aman bagi kulit dan tidak menyebabkan efek samping yang buruk.

Manfaat Ekstrak Edamame sebagai Pemutih Kulit Tanpa Efek Samping Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tyas Minarsih