Manfaat Daun Seledri bagi Kesehatan

Unic77.net - Apakah Anda tahu mengenai daun seledri?. Yah, daunnya yang memiliki aroma begitu khas membuat tanaman yang satu ini digunakan sebagai tambahan penyedap untuk beberapa masakan berkuah atau bahkan ditambahkan ke dalam bubur ayam. Seledri juga sering dijadikan hiasan untuk kue atau untuk mempercantik tampilan masakan saat penyajiannya.

Jenis sayuran ini sudah menjadi sahabat bagi ibu rumah tangga. Sehingga sangat gampang sekali jika ingin mengkonsumsinya sebagai obat untuk mengatasi masalah kesehatan.

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Apium Graviolens ini bersifat hipotensif yang mampu menurunkan tekanan darah, dan memiliki khasiat antirematik, sebagai peluruh haid, dan sebagainya. Berdasarkan hasil research di Jerman dan Cina selama 1970 sampai 1980 menunjukkan bahwa kandungan minyak terbang dalam seledri mempunyai efek positif yang lembut pada sistem saraf pusat dan berfungsi sebagai obat hipertensi.

Selain yang disebutkan di atas, kandungan duan seledri juga terbukti bermanfaat untuk kesehatan. Sehingga tidak ada ruginya bagi kita untuk mengkonsumsinya guna menjaga kesehatan kita. berikut ini beberapa manfaat daun seledri bagi kesehatan.

1. Mengobati Tekanan Darah Tinggi
Anda bisa menggunakan batang maupun daun seledri. Ambil seledri secukupnya, cuci hingga bersih kemudian potong dengan ukuran yang kecil-kecil. Rebus potongan seledri dengan 2 gelas air sampai airnya tersisa ¾ gelas. Minum ramuan seledri ini setelah dingin. Resepnya 2 kali sehari. Masing-masing separuhnya. Selain itu, Anda juga bisa mengkonsumsinya sebagai lalapan ketika makan.

2. Menurunkan Gejala Asam Urat
Tambahkan 25 gr biji seledri ke dalam bahan makanan. Makan setiap hari dengan dosis yang sama. Cara lain yaitu 2 sendok makan biji seledri direbus dengan 2 liter air selama 3 jam. Minum ramuan ini 3 kali sehari masing-masing 1 cangkir.

3. Mengobati Penyakit Asma dan Bronkitis
Cuci bersih 37 lembar daun seledri lalu tambahkan 2 gelas air. Rebus hingga airnya tersisa 1 gelas. Saring dan dinginkan ramuan ini, kemudian minum sekaligus 1 kali sehari

4. Menghilangkan Racun di dalam Ginjal
Ambil seikat daun saledri kemudian cuci hingga bersih. Potong ukuran kecil seledri kemudian masukan ke dalam panci. Rebus selama sepuluh menit dan dinginkan. Anda bisa mengkonsumsinya satu gelas setiap hari dan akan membantu anda untuk mengurangi racun yang menumpuk dan keluar di dalam air seni.

5. Mencegah Penyakit Kanker
Studi terbaru menunjukkan bahwa daun seledri juga efektif dalam mencegah penyakit kanker. Seledri diketahui mengandung setidaknya delapan keluarga senyawa anti kanker, yaitu :

  • Acetylenics yang telah terbukti menghentikan pertumbuhan sel tumor.
  • Asam fenolat yang menghalangi aksi prostaglandin yang mendorong pertumbuhan sel tumor.
  • Kumarin yang mampu mencegah radikal bebas dari sel-sel yang merusak.
  • Kandungan mineral yang terdapat di dalam daun seledri mampu menyeimbangkan pH di dalam tubuh dan menetralkan keasaaman.
  • Kandungan kumarin fitokimia yang terdapat di dalam seledri mampu mencegah pembentukan dan perkembangan kanker usus dan perut.
Cara penggunaanya dengan mengambil seledri secukupnya kemudian campurkan ke dalam jus. Anda bisa mengkonsumsinya 1 kali sehari.

Manfaat Daun Seledri bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agriculture Jawatimur