8 Manfaat Jahe bagi Kesehatan dari Rasa Pegal sampai Penyakit Alzheimer

Unic77.net - Jahe merupakan salah satu tanaman rimpang yang tidak hanya dimanfaatkan sebagai bahan rempah, namun juga sebagai bahan obat-obatan. Sehingga tanaman  yang mempunyai nama latin Zingiber officinale ini layak dilabeli sebagai superfood. Tak hanya memberikan rasa khas di lidah, jahe juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.


Manfaat jahe bukan hanya memberikan rasa hangat pada badan ataupun mengurangi rasa mual. Jahe juga memiliki manfaat lain yang sudah dibuktikan penelitian, namun banyak masyarakat yang belum mengetahuinya.

Berikut ini 8 manfaat jahe bagi kesehatan yang mungkin belum pernah Anda ketahui sebelumnya:

1. Mampu Meredakan Rasa Pegal

Rasa pegal akibat sehabis beraktivitas seharian di kantor ataupun di lapangan bisa dihilangkan dengan jahe. Hasil research yang dilakukan pada tahun 2009 menyebutkan bahwa rasa pegal dan nyeri akibat peradangan otot bisa diredakan dengan cara mengonsumsi 2 gram jahe per harinya.

2. Mengurangi Sakit Nyeri pada Sendi

Siapaun bisa terserang radang sendi atau osteoarthritis. Dan hasil studi menemukan rasa nyeri di sendi akibat osteoarthritis bisa berkurang dengan mengoleskan ramuan campuran jahe, cinnamon, dan minyak wijen.

3. Menurunkan Gula Darah

Jahe memiliki khasiat untuk menurunkan gula darah ditemukan pada penelitian tahun 2015 lalu. Mengonsumsi 2 gram bubuk jahe per hari dapat mengurangi kadar gula darah sebesar 12 persen.

4. Mengobati gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan kronis (dyspepsia) bisa diobati dengan mengonsumsi 1,2 gram jahe sebelum makan. Jahe mempercepat proses pengosongan perut sebesar 50 persen dan mengurangi rasa nyeri yang timbul.

5. Menghilangkan Nyeri Haid

Nyeri haid (dysmenorrhea) yang biasa dialami oleh sejumlah muda mudi ini bisa diatasi dengan mengonsumsi 1 gram bubuk jahe pada tiga hari pertama menstruasi. Efek yang dihasilkan jahe sama seperti efek yang dihasilkan oleh obat asam mefenamic dan ibuprofen.

6. Mengontrol Kadar Kolesterol di Dalam Tubuh

Kadar kolesterol jahat (LDL) sangat tergantung dari makanan yang Anda konsumsi. Dengan mengonsumsi 3 gram jahe per hari, kadar kolesterol bisa turun sampai 12 persen dan mampu mengurangi risiko serangan jantung hingga 42 persen.

7. Perangi infeksi

Peran gingerol dalam jahe tak hanya anti-inflamasi dan menghasilkan sensasi pedas. Gingerol terbukti mampu memerangi bakteri jahat yang menyebabkan gingivitis dan periodontitis.

8. Mencegah Alzheimer

Konsumsi jahe tak hanya bermanfaat menurunkan gula darah atau memperbaiki sistem pencernaan saja. Jahe mampu mengurangi risiko menurunnya fungsi kognitif otak karena kandungan antioksidan dan komponen bioaktif di dalamnya, yang secara tidak langsung mencegah terjadinya penyakit alzheimer.

8 Manfaat Jahe bagi Kesehatan dari Rasa Pegal sampai Penyakit Alzheimer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agriculture Jawatimur