5 Manfaat dan Khasiat Petai Untuk Kesehatan

Unic77.net - Pete, petai, peteh atau beberapa nama lain untuk menyebutnya, jenis makanan yang satu ini memang banyak penggemarnya. Walaupun sebagian orang menganggap kalau petai merupakan makanan kampung, petai tetap banyak yang suka, apalagi bila dinikmati dengan sambal dan nasi hangat.




Baca Juga: Manfaat Petai untuk Mengendalikan Gula Darah


Ada pula beberapa orang yang benci petai karena aromanya yang menyengat. Tapi sebagian orang suka aroma tersebut sebagai khas dari petai. Meskipun dibilang makanan kampung, nyatanya petai memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia.

  1. Mengatasi Depresi
Walaupun aroma petai untuk sebagian kalangan sangat mengganggu, namun ternyata bagi para penggemar petai, mengkonsumsi petai justru dapat mengurangi rasa penat, stres dan depresi. Ada sebuah penelitian oleh MIND, bahwa petai mengandung zat tryptophan, yakni sejenis protein yang bisa menghasilkan hormon bahagia dan akan membuat tubuh Anda lebih rileks dan santai. Jadi tak perlu heran bila setelah makan petai, Anda akan merasa lebih bahagia.

  1. Mengurangi Masalah PMS (Premenstrual Syndrome)
Kaum hawa pasti sudah paham bagaimana tak enaknya kondisi tubuh saat menjelang menstruasi dan pada saat menstruasi. Sakit punggung, tubuh terasa tidak enak, pusing, nyeri di perut bagian bawah.. Nah, Daripada anda minum pil produk pabrik, mungkin Anda dapat mengonsumsi lalapan petai. Petai punya kandungan vitamin B6 yang bisa mengatur kadar gula darah. Sehingga akan membuat suasana hati Anda lebih tenang serta akan membuat tubuh jadi lebih segar

  1. Menjaga Tekanan Darah
Memiliki masalah tekanan darah? Mungkin tak perlu menghindari petai dari daftar makanan. Karena Petai sangat kaya akan kalium tapi rendah garam, sehingga bisa menjaga tekanan darah pada kondisi normal. Hebatnya lagi, di Amerika Serikat, terdapat obat herbal yang terbuat dari petai yang berfungsi untuk menjaga tekanan darah supaya stabil sekaligus dapat mencegah terjadinya resiko sakit jantung dan stroke.

  1. Meningkatkan Konsentrasi
Sering merasa “lola” alias laoding lambat? Mungkin Anda perlu menyantap petai. Petai punya kandungan vitamin A yang terbilang tinggi, yakni sekitar 200 IU per 100 mg. Vitamin A merupakan bahan yang sangat baik dalam menjaga kesehatan kornea mata. Vitamin A juga sangat baik dalam menjaga kesehatan otak. Ditambah dengan kalium yang juga terkandung dalam petai, maka konsentrasi Anda pun akan lebih terjaga, baik untuk kegiatan belajar ataupun bekerja.

  1. Mengatasi Sembelit
Sembelit merupakan hal yang mengganggu, tapi dapat diatasi dengan bahan-bahan alami seperti petai. Petai punya kandungan serat yang bisa membantu kesehatan dan kelancaran pencernaan. Sebuah sesi tanya jawab yang dilontarkan pada WHO tentang tips mengatasi sembelit, dikemukakan bahwa mengkonsumsi jenis makanan tinggi serat adalah solusinya, salah satunya ialah petai. Pada saat perut Anda terasa kekenyangan, petai juga bisa membantu meredakan nyeri karena kekenyangan.

Itulah tadi 5 Manfaat dan Khasiat Petai Untuk Kesehatan. Jika anda belum pernah makan petai, maka tak ada salahnya untuk mencicipi makanan eksotis ini.

5 Manfaat dan Khasiat Petai Untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tyas Minarsih