5 Jenis Tanaman Obat dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Unic77.net - Indonesia terkenal sebagai negara agraris yang kata akan rempah dan berbagai jenis tanaman. Berbagai jenis tanaman tertentu terkadang memiliki kandungan senyawa yang sangat bermanfaat untuk pengobatan segala macam penyakit.

Tanaman herbal atau obat sudah digunakan oleh masyarakat Indonesia sejak jaman dahulu kala. Hingga sekarang, tanaman tersebut juga masih digunakan untuk membuat racikan obat herbal tertentu. Dari banyaknya jenis tanaman obat yang ada, berikut kami sajikan 5 diantaranya.

Jenis Tanaman Herbal dan Manfaatnya Untuk Kesehatan


  1. Seledri

Seledri atau apium graveolens merupakan jenis tanaman yang sering digunakan untuk memasak oleh para ibu rumah tangga. Menurut para ahli, tanaman satu ini sangat bermanfaat untuk mengobati asam urat yang tinggi. caranya cukup dengan merebus daun seledri, kemudian mengonsumsi air rebusannya secara rutin.

  1. Pasak bumi atau tongkat ali

Tanaman pasak bumi banyak tumbuh di Kalimantan. orang-orang disana menyebutnya dengan tongkat ali. Manfaat tanaman obat satu ini mampu mencegah ejakulasi dini. Sebab kandungan mineral alami dalam tanaman ini mampu memperbaiki kadar testosteron pada seorang lelaki.

  1. Jarak

Jarak merupakan tanaman yang sering tumbuh liar di pinggir sawah atau sungai. Di Jawa Barat tanaman ini disebut dengan Kaliki, di Sumatera disebut dengan Dulang, dan di Madura disebut dengan Kalek. Ada banyak sekali manfaat tanaman jarak, termasuk salah satunya mampu mencegah kanker serviks mematikan pada wanita.

  1. Daun dewa

Daun dewa mengandung berbagai senyawa yang bermanfaat untuk tubuh kita. Kandungan tersebut antara lain seperti minyak atsiri, saponin, kalium, dan masih banyak lagi. Menurut para ahli herbal, daun dewa bermanfaat untuk mencegah stroke, mengatasi hipertensi, dan serangan jantung. Tak ayal, tanaman herbal satu ini sekarang sudah banyak diracik dalam kemasan.

  1. Temulawak

Siapa yang tidak kenal dengan temulawak? Bagi orang Indonesia tentu sudah akrab dengan tanaman obat satu ini. Temulawak dipercaya mengandung senyawa kurkumin yang dapat mencegah penyakit hepatitis B dan penyakit jantung. Bahkan bagi anak-anak, temulawak berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan nafsu makan.

Itulah beberapa jenis tanaman obat dan manfaatnya yang dapat kami sajikan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda seputar dunia kesehatan, salam.

5 Jenis Tanaman Obat dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tyas Minarsih