Trip Ke Pulau Kei dengan Suguhan Panorama Indah Ciptaan Tuhan

Unic77.net - Ada satu lagi keindahan objek wisata Indonesia yang mulai terungkap keberadaanya yaitu pesona wisata Kepulauan Kei yang terletak di Kabupaten Maluku Tenggara di Provinsi Maluku. Kepulauan Kei ibarat potongan surga yang jatuh dari langit. Pulau Kei sendiri terkenal dengan pantai pantainya yang tenang dengan pasir putih lembut yang membentang luas. Menjejakkan kaki di pantai Kepulauan Kei akan menjadi sebuah pengalaman baru yang tidak akan pernah kamu lupakan.  Butir pasir sehalus tepung pantai Kepulauan Kei akan memanjakan kulit kaki kamu yang mungkin sangat jarang ditemukan di pantai-pantai lainnya di seluruh Indonesia.

Semakin terkenalnya pesona wisata Pulau Kei di Maluku Tenggara tidak lepas dari gencarnya promosi pemerintah, salah satunya melalui ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2016. Selain itu, peningkatan akses transportasi serta akomodasi yang semakin baik untuk kenyamanan para wisatawan saat berkunjung juga ikut membantu semakin banyaknya wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri yang datang ke kepulauan tersebut. Kepulauan Kei terdiri dari gugusan pulau di antara Laut Seram, Laut Banda dan Laut Arafuru. Ada dua pulau utama di sini yaitu Pulau Kei Besar dan Pulau Kei Kecil. Pulau Kei Kecil merupakan surga tersembunyi dan paling terkenal di antara turis asing karena indahnya pantai yang diklaim memiliki pasir pantai terhalus di Asia. Beragam atraksi alam siap memanjakan setiap orang yang datang kesini. Ada mata air unik yang terdapat di tepi laut namun memiliki rasa tawar, ada wisata goa, ada pasir panjang sepanjang 2 km yang tampak putih membelah pulau.

Untuk mengakses Kepulauan Kei dengan cepat dan mudah tentu saja dengan menggunakan pesawat terbang. Kamu harus terlebih dahulu mendarat di Bandar Udara Pattimura yang terletak di Kota Ambon. Kemudian dilanjutkan dengan penerbangan Ambon – Bandara Karel Satsuitubun di Kota Langgur, Maluku Tenggara. Penerbangan ini sudah dilayani oleh 3 maskapai Nasional dengan frekuensi 4 kali setiap harinya. Dari sini kamu sudah bisa menentukan rute wisata yang akan dikunjungi bisa menggunakan kendaraan bermotor atau perahu jika ingin mengelilingi pulau kecil sekitar.

Oya, Ada saran dari para traveler untuk rekreasi ke Pulau Kei, datanglah pada bulan-bulan sekitar April-Mei dan Oktober-Desember karena di bulan-bulan tersebut air laut cenderung tenang sehingga menjelajah Kepulauan Kei lebih mudah.

Selengkapnya objek wisata yang patut kamu kunjungi di Kepulauan Kei sebagai berikut:

1. Pantai Ngur Sarnadan, Ohoi Lilir


Pantai Ngur Sarnadan dengan pasir sangat halus dan bersih dengan lebih dari 100 meter ke tengah laut ini akan membikin kamu takjub, terutama ketika kamu menghabiskan pagi dan menanti sunset yang sangat indah yang bisa kamu saksikan di pulau ini.

2. Gua Hawang

Gua yang teletak di Desa Letvuan ini sekitar dua puluh menit dari penginapan terdekat. Gua ini merupakan sebuah kolam air tawar yang dalam yang sangat indah dan bersiaplah untuk terpukau dengan birunya yang berkilau saat diterpa sinar matahari. Menurut cerit, kolam di Gua Hawang terhubung dengan mata air Evu melalui sungai bawah tanah. Gua Hawang terdiri dari dua liang yang dihubungkan oleh sungai bawah tanah. Jadi kalau kamu diving di sini kamu akan dapat menembus ke dua gua tersebut melalui sungai bawah tanah tadi. Oh, konon menurut kepercayaan masyarakat sekitar, di gua ini terdapat roh jahat yang bergentayangan.

3. Pasir Timbul Ngurtavur – Habitat Burung Pelikan

Lokasi pantai Ngurtavur berada di Pulau Waha, tepat di depan Pulau Warbal. Pulau Waha memiliki pantai berpasir putih yang menjorok atau memanjang tanpa putus ke tengah lautan sepanjang 2 km dan lebar 7 meter.

Kamu dapat berjalan kaki ke tempat ini saat air surut atau naik perahu jika air pasang. Ketika berada di pantai ini, kamu serasa sedang berjalan di tengah lautan luas namun sesungguhnya kamu sedang berjalan di atas hamparan pasir putih halus yang membelah pantai menjadi dua sisi.

Di pantai ini kamu juga bisa melakukan kegiatan lainnya seperti berenang dan snorkeling. Jika beruntung kamu akan menemukan sekawanan pelikan Australia (Pelecanus conspicillatus) yang bermigrasi di Kepulauan Kei ini. Berfoto bersama sekumpulan pelikan bisa jadi sebuah perjuangan sendiri karena cepatnya mereka menangkap sinyal bagi pengganggu yang datang.

4. Pulau Bair

Terletak kurang lebih 1 jam perjalanan ke arah utara dari pelabuhan Dullah di Kei Kecil.


Landscape Pulau Bair ini sangat memanjakan mata dengan laguna yang jernih beralaskan pasir dan ikan serta terumbu karang yang masih sehat. Aktivitas berenang, piknik dan snorkeling bisa dilakukan di sini. Selain menjelajahi sekeliling pulau , kamu bisa  masuk di antara celah tebing karang yang sangat eksotik. Destinasi antara menuju Pulau Bair, kita juga akan melewati Pulau Adranan yang mempunyai pasir putih yang menawan dengan air laut yang jernih menyelimuti terumbu karang dan ikan yang menghampiri saat kamu snorkeling.

5. Pulau Ngav, Er dan Ngodan

Jika kamu ingin wisata antar pulau dalam satu hari kamu bisa mencoba mengunjungi Pulau Ngav, Pulau Er dan Pulau Ngodan yang jaraknya berdekatan. Ketiga pulau ini berlokasi di sebelah barat Ohoi Dertawun dan menawarkan spot-spot enak untuk melakukan snorkeling. Kamu bakal disuguhi terumbu karangnya yang alami sebagai daya tarik.

Akomodasi di tempat wisata Kepulauan Kei sudah cukup memadai dengan sejumlah pilihan penginapan atau cottage sederhana yang disewakan penduduk setempat. Untuk makanan, warung dan restoran lokal menyediakan makanan seafood yang lezat khas daerah pantai. Dengan demikian kamu pun cukup tenang dalam menikmati suguhan panorama indah di Kepulauan Kei ciptaan Tuhan ini. Tertarik untuk melakukan trip ke Pulau Kei sebagai destinasi liburan kamu selanjutnya?

Trip Ke Pulau Kei dengan Suguhan Panorama Indah Ciptaan Tuhan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tyas Minarsih