Wisata Air Terjun Panas Pacoa Seribeu


Unic77.net - Bengkulu tidak hanya terkenal karena memiliki pantai dan bangunan sejarah saja sebagai pesona wisatanya. Provinsi ini juga mempunyai pesona wisata alami yang tidak kalah dengan kota lainnya di Indonesia. Salah satunya yaitu air terjun Panas Pacoa Seribeu namanya, atau juga dikenal sebagai air terjun panas Gerojogan Sewu.

Terletak di Desa Sumber Urip, Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, Pacoa Seribeu dikelilingi pemandangan alami. Lokasi air terjun ini tidak jauh dari kaki Gunung Api Bukit Kaba, dan berada di tengah perkebunan kopi dan sayuran. Jaraknya sekitar 300 meter dari jalan raya menuju Bukit Kaba. Apalagi lokasinya berada di kaki gunung api dan hamparan perkebunan warga yang masih asri membuat air terjun yang satu ini patut Anda kunjungi.

Selain menikmati pemandangan indah, pengunjung juga bisa menikmati mandi di air terjun maupun pancuran air panas. Air terjun panas yang masih berbentuk pancuran dan aliran air sederhana itu, masih dibiarkan mengalir begitu saja sehingga air panas yang keluar itu langsung mengalir ke sungai.

Air terjun ini bersumber dari air panas yang mengalir dari sela-sela batu besar dengan jumlah mencapai puluhan titik yang disalurkan dengan pipa bambu maupun paralon serta saluran tanah.

Pengunjung yang datang ke air terjun ini dikenakan biaya untuk parkir dan perawatan sebesar Rp 5.000/orangnya. Saat ini kendaraan yang bisa masuk baru jenis sepeda motor saja, sedangkan mobil parkir di pinggiran jalan besar.

Jika sedang tidak hujan, jalan menuju ke air terjun dapat ditempuh relatif cepat. Namun saat hujan turun, jalanannya menjadi licin dan becek. Dia mengatakan, untuk mencegah kendaraan pengunjung terpeleset atau slip, warga yang mengelola kawasan wisata membuat anyaman bambu yang dipasang di tanah sebagai pijakan kendaraan atau pejalan kaki.


Wisata Air Terjun Panas Pacoa Seribeu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agriculture Jawatimur