Maratua, Pantai Maladewanya Indonesia

Kalimantan - Diundang Kementerian Pariwisata, 16 travel agent dari Australia diajak keliling Kepulauan Derawan, Kaltim. Maratua adalah yang paling spesial karena dibilang mirip Maladewa. Ya, pantai madura dijuluki sebagai pulau surga (paradise island) karena kecantikannya. Patutlah mereka menganggap sebagai Maladewanya Indonesia.

Dalam rangkaian acara Familiarization Trip Australian Travel Agent dari Kementerian Pariwisata yang diikuti detikTravel, dari hari Sabtu kemarin (23/4) sampai Selasa (26/4), mereka berkeliling banyak destinasi dan melakukan berbagai aktivitas di Kepulauan Derawan, Berau, Kaltim. Dari mampir ke Kakaban hingga melepas tukik di malam hari.

Senin (25/4) kemarin, rombongan fam trip ini singgah ke Maratua di pagi hari. Inilah pulau terbesar di Kepulauan Derawan dan memiliki 4 kampung. Berbeda dengan Pulau Kakaban yang berjarak 1 jam dengan menggunakan kapal kayu dari Maratua, yang tak berpenghuni, Pulau Maratua dihuni sekitar 3.168 jiwa.

"Wow, crystal water. Beautiful!" ujar Aaron Kevin dari Travel Industry Trainee.



"Cool, setiap hari airnya jernih. Tapi yang ini sempurna," kata James William dari Hunter Valley Tours.

Ya, semua bule Australia ini, matanya enggan berkedip. Lautan yang jernih dengan air mirip kristal begitu sedap dipandang. Tak butuh waktu lama, semuanya menyebur ke air.

"Bedanya dengan pulau lain, berenang atau snorkeling di Maratua, kita tidak melihat terumbu karang. Hanya pasir pantai di dasar air dan penyu. Ini salah satu spot terbaik untuk berenang," terang Memed, pemandu wisata dari Derawan Paradise menjelaskan.

Semua orang berenang di Maratua. Dengan membawa kamera masing-masing, mereka dibuat lupa daratan. Kyung Cho dari Flight Centre, yang sudah menjelajahi 70 negara dan gemar snorkeling, betah berlama-lama di dalam air. Lisa Jane dari Travel Manager turut memuji keindahan Maratua yang terlihat seperti layaknya pulau-pulau tropis yang cantik.

Nicole Adrienne dari Meridian World, mengaku sudah pernah berkunjung ke Maladewa. Ketika melihat Derawan, matanya terbelalak. Maratua benar-benar Maladewa!

"Sumpah, ini mirip sekali dengan Maladewa. Airnya seperti kristal, resor di atas laut, landai dan jernih. Jadi kalian orang Indonesia, ngapain ke Maladewa?" ungkapnya.



Hal senada juga diutarakan oleh Jason Charles dari Infinity Holidays. Dia sudah sering melihat postingan temannya yang liburan ke Maladewa dan membandingkannya dengan Derawan. Ya, katanya juga, mirip!

"Amazing, beautiful. Saya nggak bisa berkata-kata. Ini Maratua!" tutur Jason.

Diharapkan melalui kegiatan acara Familiarization Trip Australian Travel Agent ini, 16 travel agent tersebut bisa menjual paket wisata ke Kepulauan Derawan. Sekaligus, lebih mengenalkan lebih dalam betapa wonderful-nya, Indonesia.



Akomodasi dan Tarif Menginap di Maratua:


  • Harga menginap di Maratua Paradise Resort: Rp. 660.000,- per orang per malam untuk Water Villa, dan Rp. 550.000,- per orang per malam untuk Beach Villa. Harga sudah termasuk makan tiga kali sehari. Cek harga terlebih dahulu karena dapat berubah di saat high season. 
  • Untuk booking juga bisa melalui email ke  jworld@po.jaring.my ,website Maratua Paradise di http://www.maratua.com/index.php/rates-a-reservations 
  • Pulau Maratua terletak di Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur. Ada dua cara akses ke Derawan, pertama ke Balikpapan terlebih dahulu, kemudian mengambil penerbangan lanjutan ke Berau atau ke Tarakan. Kemudian dari Tarakan atau Berau ke Kepulauan Derawan dengan menggunakan speed boat. Tarif speed boat dari pelabuhan Tanjung Batu, Berau ke Pulau Maratua Rp. 1.500.000,- (one way, kapasitas 10 hingga 13 orang). Lebih baik sewa untuk PP (diantar dan dijemput kembali, dengan harga Rp. 3.000.000,-)
  • Dari bandara Tanjung Redep Berau ke Pelabuhan Tanjung Batu, jika beramai ramai bisa sewa mobil, PP (diantar dan dijemput saat kembali) tarif sekitar Rp. 800.000,- untuk mobil kapasitas 6 orang.
  • Waktu terbaik mengunjungi Maratua antara lain di bulan Maret hingga Mei, setelah bulan Agustus, awal bulan Oktober. Sementara di Akhir Oktober biasanya sudah memasuki masa sering turun hujan.
  • Alternatif penginapan murah di Pulau Maratua: Ananda Hotel dengan rate: Rp. 200.000,- per kamar (tanpa AC) dan Rp. 300.000,- per kamar AC. Ananda Hotel terletak sekitar 15 menit perjalanan naik motor dari Maratua Paradise Resort. Tapi view di Ananda sangat berbeda dengan di Maratua Paradise. Saya sarankan setidaknya menginap satu hari saja di Maratua Paradise Resort.

Maratua, Pantai Maladewanya Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agriculture Jawatimur