Tips Merawat Taman Minimalis

Tips Merawat Taman Minimalis - Taman berkonsep minimalis berfungsi sebagai penunjang gaya bangunan pada sebuah rumah. Agar taman tetap tampil memikat dan lingkungan rumah dimana Anda tinggal semakin nyaman maka taman perlu dirawat. Perawatan taman minimalis ini dapat dilakukan di waktu luang pada akhir pecan atau setiap hari. Tidak terlalu sulit untuk merawat taman minimalis, karena gaya penataan elemen lansekap pada taman minimalis telah didesain agar mudah untuk merawatnya. Ada beberapa elemen taman yang sangat perlu diperhatikan dalam perawatannya, yaitu diantaranya soft cape  dan hard cape. Berikut di bawah ini akan dipaparkan tips merawat taman minimalis yang terdiri dari perawatan elemen keras atau hard cape dan elemen soft cape pada taman.




Perawatan Elemen Keras Yang Ada Pada Taman Minimalis


Perawatan pada hard scape diperlukan karena akan memperindah penampilan tanam secara keseluruhan. Elemen keras yang memerlukan perawatan diantaranya adalah kolam, fountain, jalan setapak, furniture dan sebagainya. Elemen-elemen tersebut harus bersih bebas jamur agar taman minimalis milik Anda tampil memikat dan memberikan efek kenyamanan ketika melihatnya. Di bawah ini akan kami jelaskan satu persatu tips cara merawat masing-masing elemen keras pada taman minimalis.

Yang pertama adalah pot, elemen furniture yang satu ini seringkali diserang jamur sehingga perlu dirawat dan dipelihara agar tetap awet. Jika lumut sudah mulai tampak pada pot hal itu berarti pot harus segera dibersihkan. Tipsnya pot dibersihkan dengan cara disemprot air, lalu diber kapur atau dolomit, dan kemudian disikat hingga hilang jamur dan warna kehijauannya yang terdapat pada pot. Jika warna menjadi pudar, pot dapat dicat kembali. Pengecatan pot ini juga bisa menghalangi untuk tumbuhnya jamur.  Untuk menghindari tumbuhnya lumut di pot, bersihkan pot secara rutin dari daun-daun tua yang jatuh, layu, dan busuk.

Untuk perawatan kolam yang ditanami tanaman air, sebaiknya dilakukan sirkulasi air setiap 1-2 minggu sekali jika kolam berukuran kecil atau satu bulan sekali jika kolam berukuran besar. Kolam perlu dibersihkan agar terhindar dari tumbuhnya lumut sehingga tidak mengurangi keindahan pemandangan pada taman minimalis. Selain perlunya memperhatikan nilai keindahan pada taman minimalis, kita juga harus memperhatikan kesehatan taman minimalis. Salah satunya menjaga agar kolam yang terdapat pada taman minimalis tidak menjadi sarang tumbuhnya jentik. Untuk menghindari hal tersebut, anda bisa menempatkan ikan pada kolam setiap 1m3 sebanyak 10 ekor. jenis ikan yang dapat dipilih berupa ikan mas atau sepat. manfaat lainnya jika ditempatkan ikan adalah kotorannya dapat dijadikan pupuk bagi tanaman air.


Elemen lansekap lainnya yang perlu dirawat misalnya adalah furniture taman, terutama yang terbuat dari kayu karena sering mengalami lapuk atau terserang rayap. Agar kayu tidak mudah lapuk maka pilih kayu yang kuat dan tahan lama. Tips lainnya untuk merawat furniture taman minimalis adalah furniture ditempatkan di atas hamparan batu koral atau batu beton. cara lainnya furniture kaya tersebut dipelitur anti rayap. Sementara untuk furniture taman yang terbuat dari besi gunakanlah ampelas yang kemudian diberi zat anti karat.

Perawatan Tanaman di Taman Minimalis

Tanaman yang digunakan pad ataman minimalis bersifat praktis dan mudah untuk dirawat. Langkah tips cara merawat yang pertama adalah penyiraman tanaman. Lakukan penyiraman tanaman setidaknya satu kali dalam sehari pada pagi hari atau sore hari. Jika musim kemarau, lakukan penyiraman dua kali dalam sehari, pagi dan sore hari. Hal tersebut dilakukan agar tanaman tetap segar Karena pada musim kemarau tanaman memerlukan lebih banyak air. Namun, pemberian air jangan terlalu berlebihan karena dapat membuat tanaman cepat busuk. Selain penyiraman, pemupukan juga perlu dilakukan, paling tidak satu bulan sekali. Hal tersebut dilakukan agar tanaman terhindar dari hama penyakit dan bisa berumur lebih panjang.

Tanaman yang dominan digunakan di taman minimalis adalah tanaman kering dan tanaman air. Untuk tanaman yang kering dan membutuhkan banyak sinar matahari, seperti adenium, letakanlah tanamannya di dekat arah matahari agar bunga dapat merekah dan tumbuh dengan baik.
Tanaman airpun perlu diperhatikan. Mengingat tanaman ini berada di ari, sebaiknya penggantian air dan pembersihan pot harus menjadi focus utama sehingga terhindar dari penyakit. Gantilah air di dalam pot dengan air yang berkualitas secara rutin seminggu sekali. Selain terhindar dari penyakit, tindakan perawatan tersebut dapat mencegah timbulnya lumut.

Tanaman merupakan sebuah pigura untuk rumah. Agar tanaman tumbuh dengan rapid an sehat, serta tetap bergaya minimalism aka lakukanlah pemangkasan setiap 2-3 minggu sekali atau saat tanaman sudah terlihat tidak berpola. Selain itu, pemangkasan juga bertujuan untuk merangsang tumbuhnya tunas-tunas baru.







Demikianlah paparan mengenai tips merawat taman minimalis. Semoga anda bisa menerapkannya dengan baik dan dilakukan secara sustainable sehingg taman yang anda idamkan akan terus terjaga keindahannya. 

Tips Merawat Taman Minimalis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fatih Collection