Tips Mendesain Rumah dengan Beberapa Elemen yang dapat Menanggulangi Stres

Tips Mendesain Rumah dengan Beberapa Elemen yang dapat Menanggulangi Stres - Stres pada saat ini sering menjadi masalah serius dalam kehidupan manusia yang semakin sibuk dan penuh tekanan. Biasanya yang dilakukan oleh beberapa orang adalah traveling atau rekreasi ke tempat yang memiliki hawa sejuk dan pemandangan yang indah serta alami. Pernahkah terpikir olehmu untuk mendesain rumah dengan beberapa elemen rumah yang mampu menangkal stres?. Unic77.net akan membahasnya lebih lanjut mengenai tips mendesain rumah dengan beberapa elemen yang dapat menanggulangi stres.
Selain menghindari polusi atau situasi yang membuat stres, rumah pun merupakan tempat yang paling cocok untuk membantu kita menanggulangi stres. Tempat bercengkrama dan berkumpulnya keluarga ketika makan malam di ruang makan atau menjadi tempat isitirahat dan bersantai yang paling nyaman setelah seharian bekerja. Tentunya hal ini tidak menjadi secara tiba-tiba, namun suasana yang nyaman ini perlu dibuat atau diciptakan. Berikut ini lebih jelasnya mengenai cara mendesain rumah dengan beberapa elemen yang mampu menanggulangi stres tanpa harus ke luar untuk travelling.

Rapi dan Terorganisasi

Tips yang pertama adalah mendesain rumah serapi mungkin dan terorganisasi tata letak furniture dan sebagainya. Rumah yang rapi bisa menanggulangi stres. Kurangilah benda-benda yang tidak terpakai seperti kardus bekas produk , agar rumah tidak tampak penuh dan berantakan. Rumah yang acak-acakan akan membuat malas dan kurang mencintai diri yang akan membuat stres bertambah.

Anda tidak perlu memajang semua benda kesayangan sekaligus. Simpanlah beberapa di antaranya dan tukarlah setiap selang waktu tertentu sehingga pemandangan di dalam rumah tidak nampak monoton. Kegiatan ini akan membantu mengurangi stres, karena perhatian anda akan terpaku pada hal-hal yang anda senangi.

Kombinasi warna hijau muda dengan kuning pada dinding akan merangsang otak untuk berpikir jernih dan mengurangi stres. Anda bisa memilih warna yang anda sukai, namun perlu diingat harus dibicarakan dengan anggota keluarga karena masing-masing memiliki warna favorit. Selain itu, berilah ruang gerak yang cukup dan pastikan anda memiliki lemari dan laci-laci yang cukup untuk menyimpan barang-barang dengan rapi di dalamnya. Bila ruangan di rumah anda terbatas, mungkin anda bisa menyimpannya di tempat alternatif, misalnya dengan menciptakan penyimpan di bawah tempat tidur, atau gudang di bawah atap.

Mendesain kamar tidur yang bisa mengurangi stres

Sulit tidur adalah salah satu akibat yang paling umum dari stres. Untuk menguranginya, pastikan ruang tidur berada jauh dari kebisingan seperti jalan, dan sebaiknya dekat dengan taman belakang. Untuk mengantisipasi dan menjaga anak dari pergaulan bebas yang akan menambah daftar stres, jangan membuat kamar tidur anak berada di depan atau di dekat ruang tamu. Jika rumah anda terdiri dari dua lantai, buatlah kamar tidur anak di Lantai atas untuk menghindari dan mengawasi anak agar tidak keluar malam.

Berilah warna dinding yang membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks seperti warna pink, oranye pastel muda, biru atau hijau lembut. Jangan lupa menaruh tanaman yang minimalis di dalam kamar tidur. Hal ini bisa mengurangi stres. Pastikan sirkulasi udara dan cahaya yang masuk dapat memberikan kenyamanan baik untuk anda ataupun untuk tanaman.

Gunakan lampu tidur berwarna biru atau kuning. Warna ini mampu menenangkan pikiran anda. Selain elemen lampu, gunakan juga minyak esensial sebelum tidur. Televisi, radio serta benda-benda elektronik sebaiknya tidak berada di ruang tidur. Terpaku menonton atau mendengar semua program justru akan membuat anda berpikir untuk begadang dan akhirnya pagi hari kurang bersemangat yang akan mengurangi motivasi serta vitalitas fisik anda di pagi hari. Selain itu, ruang tidur sebaiknya terpisah dari ruang kerja.

Beri perhatian untuk benda-benda kecil yang penting buat anda

Seringkali kita kehilangan benda-benda kecil yang penting di dalam rumah, seperti kunci, kacamata, atau jam tangan yang membikin pusing dan stres saat mencarinya. Oleh karena itu, belilah rak kunci yang desainnya unik dan menarik. Letakan di dekat pintu depan, atau dekat pintu belakang rumah. Biasakan untuk menyimpan semua kunci di dalamnya.

Begitu pula dengan benda-benda kecil lainnya yang sering lupa menaruhnya, seperti kacamata, jam tangan, serta telepon genggam bahkan kadang dompet. Seringkali kita tanpa sadar melepasnya dan menaruhnya di suatu tempat kemudian melupakannya. Letakan wadah kecil seperti keranjang kecil untuk menaruh semua benda tersebut di dalam satu tempat yang mudah untuk dijangkau, seperti meja rias, meja disamping sofa di dalam kamar, atau di atas rak. Disipinlah untuk melakukan hal ini selama satu bulan penuh. Otak andapun akan terlatih untuk memerintahkan anggota tubyb anda melakukan hal tersebut.

Ciptakan rumahmu sebagai restoranmu

Hal ini bukan berarti menyulap rumah menjadi restoran, akan tetapi jamulah tamu anda di rumah sendiri. Hal yang patut disayangkan adalah apabila saat ini menjadi sebuah tren ketika menjamu tamu di restoran. Padahal, dengan menjamu tamu di rumah sendiri akan membuat lebih rileks, akrab dan akan menciptakan kehangatan jiwa yang luar biasa bagi penguni maupun tamu yang dijamu.

Menjamu tamu di rumah akan membuatmu lebih memperhatikan tatanan interior rumah anda. Tatalah rumah dengan atmosfer yang hangat, seperti penerangan yang membuat nyaman, serta bunga segar. Bunga mawar, melati, sedap malam memiliki keharuman yang mempu membuat otak lebih rileks dan pikiran stres pergi. Tata juga furniture dalam layout yang akrab, kursi dan sofa hendaknya dalam posisi yang berdekatan.

Pasang Benda-benda Nostalgia

Pajanglah beberapa benda yang mengingatkan anda akan hal-hal yang menyenangkan di masa lampau. Tatalah beberapa benda-benda yang memiliki kenangan manis, misalnya foto-foto bulan madu, liburan bersama keluarga , masa kecil yang menyenangkan bersama orangtua. Ide kreatif lainnya bisa diterapkan, misalnya memasang foto-foto yang mengekspresikan wajah spontan dan ceria. Satu atau dua buah kenangan sudah cukup untuk memberikan emosi positif interior rumah, dan anda dapat menggantinya secara berkala sehingga menghasilkan tatanan interior yang kreatif.

Demikianlah tips mengatasi stres di mulai dari rumah sendiri dengan beberapa elemen yang bisa dipakai dan didesain untuk diterapkan di rumah anda. Semoga bermanfaat.

Tips Mendesain Rumah dengan Beberapa Elemen yang dapat Menanggulangi Stres Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fatih Collection