Tips Membuat Penerangan Alami untuk Rumah Minimalis

Tips Membuat Penerangan Alami untuk Rumah Minimalis - Tidaklah sulit untuk menciptakan penerangan alami yang cukup untuk rumah minimalis. Karena dengan bukaan yang kecil sudah cukup untuk menerangi ruang dari sebuah rumah minimalis. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Northwestern Medicine dan Universitas Illinois, para ahli kesehatan mengatakan dari hasil penelitiannya bahwa sinar matahari di pagi hari bermanfaat bagi kesehatan tubuh meskipun hanya terkena sinar matahari pagi dari sinar yang masuk melalui penerangan alami pada ruangan rumah namun cukup baik untuk kesehatan tubuh dan selain itu juga ternyata sinar matahari pagi membuat kualitas semangat untuk beraktivitas di awal pagi menjadi meningkat. Selain itu kualitas tidur di malam hari menjadi lebih baik. Oleh karenanya amatlah penting membuat penerangan alami untuk sebuah rumah.
design-penerangan-alami-pada-ruangan
Cantiknya Natural Light (Penerangan Alami)

Tips membuat penerangan alami untuk rumah minimalis

Pertama sesuaikan luas bukaan untuk masuknya cahaya matahari sebagai penerangan alami dengan skala luas lantai, yaitu luas bukaan minimal 20% dari luas lantai. Dengan begitu penerangan alami untuk rumah minimalis sudah bisa anda dapatkan. Namun perlu diingat kendala yang sering timbul adalah apabila tapak rumah sangat sempit sehingga rumah saling menempel dengan tetangga kiri kanannya. Bila hal ini menjadi masalah utamanya, anda dapat menerapkan layout open plan. Mulai dari ruang depan, seperti ruang tamu, kemudian ruang keluarga, ruang makan dan dapur dan beranda belakang rumah dibuat terbuka. Sehingga cahaya matahari masuk dari sisi depan dan sisi belakang rumah secara maksimal.

Ruang-ruang tertutup lain seperti kamar tidur dan kamar mandi tetap wajib mendapatkan penerangan alami murni dari pancaran sinar matahari yang cukup. Hal ini bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan menciptakan rumah yang sehat. Bila tidak memungkinkan untuk mendapatkan sinar matahari dari jendela di dinding, anda dapat membuat atrium pada bagian atap atau mengganti genteng yang ada dengan kaca. Perhatikan baik-baik lokasi atrium atau genteng kaca ini, yaitu dengan memperhatikan lokasi yang terbaik. Lokasi terbaik yang dimaksud adalah apabila cahaya matahari jatuh pada bidang lantai yang kosong. Jangan sampai cahaya matahari yang jatuh tersebut jatuh pada finishing mebel atau furniture yang telah ada sehingga akan memudarkan atau merusaknya. Penerangan alami yang telah diidamkan pun akan bekerja maksimal pada rumah minimalis anda.

Baca juga : 10 Tips TERBAIK Cara Menata Rumah Minimalis Dengan Dana Minim

Olah karena itu jika rumah minimalis anda tidak memiliki banyak jendela, buatlah penerangan alami melalui bukaan pada atap sehingga akan memberikan paparan skylight pada ruangan. Rumah minimalis anda pun menjadi lebih sehat dan keluarga ikut merasakan manfaat dari sinar matahari pagi bagi kesehatan.

tips-membuat-penerangan-alami-pada-ruangan
Contoh Bukaan dari Roof (Atap)

Pencahayaan alami pada ruang tidur

rumah-minimalis-dengan-pencahayaan-maksimal
Penerangan Alami untuk Rumah Minimalis

Penerangan Alami atau Natural Light pada Ruang Tamu
Design Penerangan Alami pada Dinding Jendela


Itulah artikel mengenai Tips Mendapatkan Penerangan Alami Untuk Rumah Minimalis karena pentingnya sinar matahari masuk dalam ruangan agar rumah kita menjadi lebih sehat dan penghuninya pun akan mendapatkan manfaat luar biasa dari sinar matahari pada pagi hari.

Semoga bermanfaat.

Tips Membuat Penerangan Alami untuk Rumah Minimalis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tyas Minarsih