3 Pantai di Banyuwangi yang Sangat Mempesona

Kabupaten Banyuwangi yang berada di ujung timur Pulau Jawa membuat kabupaten ini dijuluki sebagai Sunrise of Java. Dengan berbagai macam destinasi wisata yang dimiliki oleh Banyuwangi membuat Pemerintah Kabupaten Banyuwangi terus melakukan promosi keindahan-keindahan objek wisata yang dimiliki oleh Kabupaten yang bersebelahan dengan Pulau Bali ini. Salah satunnya, Pemkab Banyuwangi memiliki event yang dinamakan Banyuwangi Festival. Tapi, unic77 kali ini tidak akan membahas mengenai event-event yang terdapat di Banyuwangi Festival. Unic77 ingin berbagi 3 Pantai di Banyuwangi yang sangat mempeona dan wajib dikunjungi. Pantai-pantai tersebut adalah Pantai Ngagelan, Pantai Plenkung/G-land, dan Pantai Pulau Merah. Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti uraian berikut ini mengenai 3 pantai tersebut.

(Baca Juga : 4 Air Terjun di Banyuwangi yang Wajib dikunjungi oleh Traveller)

1. Pantai Ngagelan, Objek Wisata Telur Penyu

Pantai Ngagelan terletak di sebelah barat Trianggulasi, 8 Km dari pusat kota Banyuwangi. Selain sebagai obyek wisata, pantai ini juga merupakan tempat penetasan telur penyu semi alami.

Terdapat 4 jenis penyu dari keseluruhan 6 jenis penyu di Indonesia dan 7 jenis di dunia yang mendarat di pantai ini, yaitu: penyu Lekang atau Abu-abu (Lepidochelys olivaceae), Penyu Sisik (Eretmochelys imbricata), Penyu Belimbing (Dermochelys coreacea), dan Penyu Hijau (Chelonia mydas). Diantara keempat Penyu tersebut, Penyu Lekang/Abu-abu adalah jenis dominan yang mendarat dan bertelur di Pantai Ngagelan.

Selama ini Pantai Ngagelan merupakan tujuan utama bagi para peneliti yang datang dari berbagai latar belakang dan merupakan pusat dari kegiatan pengumpulan telur penyu dari Pantai Pancur sampai Cungur dengan panjang garis pantai sekitar 18 km.

Untuk mencapai pantai Ngagelan bisa dijangkau dengan kendaraan roda empat atau dua dari Pos Rowobendo menuju ke arah Barat atau dijangkau dari Trianggulasi dengan berjalan kaki melalui pantai.

Dengan keadaan hamparan pasir pantai yang bersih, ditambaha dengan kombinasi hutan mangrove dan hutan tropis yang masih hijau dan alami menjadi alasan untuk penyu merasa nyaman bertelur di pantai ini. Pada bulan April - Juni, saat angin pesat dari timur membawa udara hangat ke pesisir pulau Jawa, penyu-penyu dari laut selatan akan mendarat ke bibir pantai Ngagelan.

Ngagelan memiliki panjang bibir pantai yang landai sepanjang 20 kilometer. Disinilah, penyu-penyu biasa mampir untuk bertelur di pinggi pantai. Pantai ini menjadi favorit para penyu, karena disini juga terdapat empat jenis pasir pantai yang disukai para penyu.

2. Pantai Plengkung/ G-Land, Surganya Para Peselancar


Pantai Plengkung atau biasa di sebut dengan G-Land, adalah salah satu pantai di Banyuwangi dan telah populer di kenal sebagai "Seven Giant Waves" yang diberikan oleh seorang peselancar dunia atas gulungan ombaknya yang memukau.

Pantai ini terletak sebagai bagian dari Taman Nasional Alas Purwo dan ombak di pantai ini merupakan salah satu yang terbaik di dunia, dengan ombak setinggi 4-6 meter sepanjang 2Km dalam formasi 7 gelombang bersusun. Untuk itu, tidak salah bahwa pantai Plengkung merupakan surga bagi para peselancar profesional dunia yang ingin menaklukkan desiran ombak G-Land ini.

Selain di Plengkung, hanya di Hawaii, Australia, dan Afrika Selatan saja yang memiliki ombak dasyat seperti itu. Ombak di Plengkung adalah nomor dua setelah Hawaii dan yang memiliki ombak terus menerus sepanjang tahun. Pantai dengan ombak yang bisa mencapai tinggi 4-6 meter dan memiliki panjang hingga 2km dengan formasi 7 gelombang bersusun ini bakal memanjakan para peselancar baik yang masih belajar maupun yang sudah ahli. Puncak ombak di Plengkung hanya ada di bulan-bulan tertentu antara April hingga Agustus. Oleh karena itu tidaklah mengherankan Plengkung sudah lima kali menjadi ajang surfing internasional.

Nama G-Land mengindikasikan dari kata Grajagan, yaitu nama dari sebuah teluk. G-land atau Pantai Plengkung ini dikelilingi oleh hutan tropis yang masih alami dan indah, sehingga menawarkan satu paket komplit untuk berwisata dan berolah raga.

\
Selain menjadi surganya para peselancar, pantai plengkung ini juga memiliki kombinasi  3 warna air pantai yang sangat indah. Kombinasi tersebut adalah warna putih, biru dan hijau yang membuat pemandangan di pantai ini menjadi eksotis dan berbeda dari pantai-pantailainnya. Serta ada juga mata air awet muda. Sebelum mencapai di Pantai Plengkung Banyuwangi ini nanti para penelusur bakal melewati beberapa gua di kawasan Taman Nasional Alas Purwo yang bisa di kunjungi. Dan salah satunya adalah Goa istana yang mana sumber air dari goa ini sering di sebut oleh masyarakat sekitar dengan Sendang Srengenge ini mempunyai khasiat yang dapat membuat awet muda. Kalau masalah bener atau enggaknya sih boleh percaya apa enggak sih.

Akomodasi
Ada beberapa cottage sederhana dan kamp hutan yang tersedia di tepi pantai. Untuk mencapai Pantai Plengkung dapat melalui dua cara:

* Jalur Darat. Banyuwangi-Kalipahit (59 km) dengan naik bus, kemudian Kalipahit-Pasaranyar (3  km) dengan ojek atau menyewa mobil, Pasaranyar-Trianggulasi (12 km), Trianggulasi-Pancur-Plengkung / G-Land.

* Jalur Darat-laut: Banyuwangi-Benculuk (35 km) dengan bus, Benculuk-Grajagan (18km) dengan bus atau angkutan umum, Grajagan-Plengkung dengan speedboat,
Jika pengunjung memilih cara kedua, mereka bisa menghabiskan malam di Grajagan dan menikmati pemandangan sebelum melanjutkan perjalanan ke Plengkung.
 
3. Pulau Merah. Red Island sebagai destinasi Perlombaan Surfing Bertaraf International



Pantai pulau merah adalah salah satu destinasi unggulan Banyuwangi yang berada di desa Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, berjarak sekitar 60 km dari pusat kota Banyuwangi kearah selatan atau 2,5 jam perjalanan bila ditempuh dengan mobil. Pulau Merah sangat ikonik sebagai destinasi wisata Banyuwangi, Hamparan garis pantai yang panjang membentang diakhiri dengan satu pulau kecil yang sangat ikonik, menandakan bahwa pantai tersebut adalah Pulau Merah, bukan yang lain. Seakan menjadikan magnet untuk berfoto selfie atau wefie dengan latar Pulau Merah.


Ada dua alasan mengapa pantai ini dikenal sebagai Pantai Merah, yang pertama karena warna tanah yang kemerah merahan, sementara versi yang kedua karena konon terpancar cahaya merah di sekitar bibir pantai. Kita dapat mencapai pulau ini ketika air surut dengan berjalan kaki yang hanya berjarak 100 meter. Bukit ini dapat dikunjungi dengan berjalan kaki saat air laut surut. Di sana juga terdapat Pura dimana warga yang beragama Hindu disana melaksanakan upacara Mekiyis. Kawasan wisata ini dikelola oleh Perum Perhutani Unit II Jawa Timur, KPH Banyuwangi Selatan.

Dengan ombak setinggi 4 meter saat laut pasang, dan gulungan ombak sejauh 3km, menjadikan laut merah sebagai tujuan para peselancar dunia. Hal ini telah dibuktikan dengan adanya kejuaraan International Surfing Competition pada 2013, 2014, 2015 dan serangkain acara Banyuwangi Festival di tahun berikutnya.


Hotel di Pantai Pulau Merah

Sebagai salah satu kawasan wisata populer di Banyuwangi, Anda dapat dengan mudah menjumpai sejumlah hotel dekat Pantai Pulau Merah. Selain hotel, ada pula guest house hingga homestay yang dapat Anda pilih. Beberapa penginapan di area Pantai Pulau Merah yang berjarak dekat dan populer, di antaranya Kumala Hotel, Gelora Atlit Banyuwangi Guest House, Hotel Mahkota Plengkung Banyuwangi, serta Hotel Ketapang Indah.


Bagaimana anda masih penasaran dengan 3 Pantai di Banyuwangi yang cantik-cantik ini?
Silahkan berkunjung ke pulau ngagelan sebagai rumahnya penyu, kemudian pulau Plengkung yang merupakan surganya para peselanjar dan yang terakhir pulau merah sebagai destinasi perlombaan surfing international sekaligus pulaunya yang unik.

(Baca Juga : Keindahan Panorama 3 Perkebunan di Banyuwangi)

Selain 3 pantai ini, Banyuwangi masih memiliki beberapa pantai lagi yang tak kalah dengan ke-3 pulau ini. Untuk itu, tetap pantengin terus update-an dari unic77.net yahhh!!

Credit Photo 1st from : siskanurifah.wordpress.com
Source of 2nd and 3rd photos : initempatwisata.com
Source of 4th photo : telusurindonesia.com

3 Pantai di Banyuwangi yang Sangat Mempesona Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fatih Collection