3 Tempat Wisata Air Terjun di Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi

Jawa Timur merupakan sebuah provinsi di bagian ujung timur Pulau Jawa. berbicara tentang Wisata Air Terjun, Provinsi Jawa Timur dengan luas lahan yang lebih besar dari pada provinsi lain yang ada di Pulau Jawa lainnya. Jawa Timur juga mempunyai tempat wisata yang tidak kalah menarik dari tempat wisata di Jawa Barat, jawa tengah atau bagian lainnya. Apa saja tempat wisata  air terjun di kota-kota di Jawa Timur yang perlu anda kunjungi?

3 Wisata Air Terjun di Jawa Timur [Terbaru]

1. Air Terjun di Lereng Gunung Ijen Bondowoso Jawa Timur


Kabupaten Jawa Timur yang memiliki keindahan Gunung Ijen yang terkenal dengan api biru dan terkenal di dunia. Ternyata di bagian lereng. Ada tiga air terjun yang indah dan unik di lereng dan berada di jalan sampai ke Gunung Ijen. Sayangnya jika sama sekali Bondowoso hanya menikmati pesona dan keindahan Gunung Ijen dengan api biru. 

Obyek Wisata Air Terjun Gunung Ijen Bondowoso
Dengan jalur yang menurun dari kawah menuju Kota Bondowoso, agak jauh perjalananya bila dibandingkan dengan langsung ke air terjun Kalipait Bondowoso timur Kota Java Banyuwangi. Tapi wisatawan akan melewati lereng gunung daerah yang sangat dingin dan memiliki 3 air terjun yang indah dan dekat bersama-sama. 

Air terjun pertama sangat dekat dengan jalan, hanya perlu beberapa menit untuk sampai ke sini. Bitter Kali bernama Niagara air terjun yang memiliki bentuk memanjang seperti sayap tapi sungai mengalir dari jalur memalui atas yang terjadi secara alami di antara bebatuan pegunungan. Air di sini memiliki warna yang mengandung belerang kuning kehijauan sangat tinggi. Menurut informasi, air terjun ini rembesan dari kawah. 

Untuk yang kedua air terjun niagara mini bondowoso jawa timuriagara Mini begitu warga sekitar menyebutnya. Air terjun ini juga sangat luar biasa karena juga bentuk yang berbeda air terjun biasa. Air terjun ini memiliki bentuk yang melebar, berundah dan memiliki ketinggian hanya 6 meter. Air di sini jernih dan mendinginkan aliran sungai kecil dari taman. Air terjun ini terletak di kawasan perkebunan kopi Arabika yang dikelola oleh PTP Nusanair terjun Belawan Bondowoso timurtara Jawa XII. 

Yang ketiga adalah Air terjun Blawan, jarak dari air terjun niagara mini hanya sekitar 1 km. Air terjun ini juga memiliki pemandian air panas. Bentuk air terjun ini seperti air terjun yang biasa kita lihat, tetapi memiliki aliran yang sangat berat dari air dan coklat. Tidak dianjurkan untuk mandi di bawah air terjun dan hanya dapat menikmatinya dari sisi kanan dan tengah air terjun tidak bisa menikmati dasar air terjun. Karena air terjun ini diapit oleh tebing tinggi. 

Lokasi Air Terjun Gunung Ijen Bondowoso
Untuk tiga air terjun yang indah ini terletak di Kecamatan Sempol, Kabupaten, Provinsi Jawa Timur. 

Akses Menuju Air Terjun Gunung Ijen Bondowoso
Jarak dari Kota Bondowoso ke tujuan wisata ini adalah sekitar 52 km ke arah Gunung Ijen. 

Fasilitas dan Akomodasi disekitar Air Terjun Gunung Ijen Bondowoso
Fasilitas di sini sangat lengkap. Karena dalam lingkungan perkebunan yang dikelola oleh PTP Nusantara XII. Dari area parkir untuk tetap mudah untuk menemukan di daerah ini.

2. Air Terjun Goa Tetes di Lumajang Jawa Timur


Kota Lumajang Provinsi Jawa Timur, terkadang wisatawan dari daerah lain hanya melewatinya ketika mereka berwisata menuju Malang yang terkenal memiliki banyak tujuan wisata. Namun kota Lumajang juga memiliki tujuan wisata yang eksotis, namanya adalah Gua Tetes. Keunikan dan keindahan gua ini sangat sayang untuk dilewatkan. 

Tampaknya dari kejauhan, gua ini seperti berundak air terjun. Ini memiliki aliran deras air selama musim hujan. Rupanya mulut gua di tengah air terjun. Gua diisi dengan air karena gua ini menjadi aliran air gunung yang dikatakan berasal dari Gunung Semeru. Air terus menetes dari atas gua untuk membuat nama gua ini menjadi tetes gua. Wisatawan yang berniat untuk masuk dan menikmati sensasi gua harus menghabiskan sedikit energi ke mulut gua gua java tetes Lumajang timurmemanjat air terjun batu untuk sampai ke mulut gua. Uniknya air terjun batu mengalir tidak licin saat mendaki, karena batu-batu ini dalam bentuk batu kapur sedimen yang terkandung rongga di antara batuan sedimen. 

gua Tetes sebenarnya tidak terlalu luas dan mendalam. Tapi keindahan alam ukiran dalam bentuk stalagmit dan stalaktit menghiasi gua itu selalu diberi makan oleh air. Mitos, air menetes dan menimpa badan akan membuat awet muda. Bahkan, air terjun ini bisa membuat pasangan yang berada dalam perpecahan akan kembali bersama dan memfasilitasi menemukan jodoh bagi yang belum afinitas. Itu adalah kisah orang-orang di sekitar gua. 

Lokasi Air Terjun Gua Tetes
Gua ini terletak di Krajan Drops, Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang, Provinsi Jawa Timur. 

Akses Menuju Air Terjun Gua Tetes
Lokasi gua ini turun dalam 55 km sebelah selatan dari kota Lumajang. Dapat ditempuh dengan kendaraan umum atau transportasi pribadi dari Kota Lumajang. Kota ini terletak sekitar 1 km dari jalan raya perbatasan Lumajang-Malang. 

Fasilitas dan Akomodasi disekitar Air Terjun Gua Tetes
Tur ini dikelola oleh orang-orang di sekitar tempat wisata Gua Drops. Fasilitas minim di sini. Hal ini diharapkan untuk membawa perbekalan untuk wilayah Gua ada penjual makanan. Untuk masalah penginapan dapat ditemukan di Kota Lumajang atau di Malang.

3. Air Terjun Grojogan Sewu Pacitan Jawa Timur



Mendengar tujuan wisata yang bernama Grojogan Sewu, tentu terlintas di pikiran kita menuju kota Karanganyar kawasan wisata di Jawa Tengah. Tapi ternyata di tempat lain di Indonesia, banyak air terjun dengan nama Grojogan Sewu, Grojogan Sewu Pacitan wisata yang belum terlalu ramai dan terdapat air terjun bernama Grojogan Sewu lainnya. 

Pacitan termasuk dalam kota Jawa Timur dan Jawa Tengah, berdekatan dengan yang dikenal sebagai kota 1000aliran Grojogan Sewu Jawa Timur pacitan memiliki indah gua karst batu, gua dan pantai yang indah selatanya ternyata memiliki air terjun yang indah. Air terjun ini bernama Grojogan Sewu. Air terjun ini berbeda dengan air terjun lainnya yang hanya memiliki satu air jatuh dari ketinggian, tapi air terjun air terjun ini memiliki bentuk yang unik. 

Air terjun Grojogan Sewu Pacitan memiliki bentuk tangga dan memiliki aliran deras air, ketinggian air terjun ini hanya 6 meter. Tapi jarak antara air terjun ini memiliki ukuran 1 sampai 100 meter. Jadi bisa dibayangkan jika air terjun tidak tinggi, tapi air terjun memanjang. Di antara air terjun terdapat kolam-kolam penampungan air dan meluap air terjun membentuk lainnya. Pengunjung biasanya menikmati air terjun dengan berbasah-basahan dan menikmati air pada setiap tingkat terjunya air. Menariknya meskipun dari air terjun ini selama musim kemarau, air terjun tidak akan mengalami kekeringan. 
kolam air terjun Grojogan Sewu Pacitan Jawa timurDisekitar masih dipertahankan kemurnian alam dari air yang jatuh dari air terjun itu sangat jelas dan segar. Bagian bawah air terjun ada kolam air yang terjadi secara alami di dalam air warna kehijauan dan ke kolam yang tidak begitu dalam membuat pengunjung dapat menikmati gempuran air yang jatuh dari atas. Aliran sungai memiliki air terjun yang indah dengan karts batu fusi mismatch yang indah dibuat untuk dinikmati. 

Lokasi Air Terjun Grojogan Sewu Pacitan
Grojogan Sewu terletak Pacitan Kecamatan Punung, Pacitan, Provinsi Jawa Timur. 

Akses Menuju Air Terjun Grojogan Sewu Pacitan
Jika dari Pacitan dapat ditempuh dengan angkutan umum atau kendaraan pribadi untuk pergi ke arah Kabupaten Punung atau batu Goa Grojogan Sewu pacitan timurGong Jawa. Jarak dari Kota Pacitan ke Grojogan Sewu terletak sekitar 25 dan jarak km sekitar 5-7 Goa Gong. Jika sub-distrik Solo Punung yang terletak sebelum memasuki Pacitan. 

Fasilitas dan Akomodasi Disekitar Air Terjun Grojogan Sewu Pacitan
Waterfall tujuan wisata masih belum dikolala oleh pemerintah, sehingga untuk fasilitas isu masih jarang. Disarankan untuk membawa perlengkapan pribadi yang diperlukan dengan tidak adanya kios-kios yang menjual makanan daerah air terjun ini.

3 Tempat Wisata Air Terjun di Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Lutfi Asrori